Berikut Sederet Kesalahan dalam Menyusun Studi Kelayakan Bisnis

kesalahan dalam menyusun studi kelayakan bisnis
source: cdn.idntimes.com

Setiap pelaku usaha yang melakukan studi kelayakan bisnisnya sendiri belum tentu usahanya akan berjalan dengan lancar. Kegagalan tersebut berasal dari beragam kesalahan fatal. Maka dari itu, banyak pengusaha yang memanfaatkan Jasa pembuatan studi kelayakan terpercaya untuk menekan kesalahan tersebut.

Studi kelayakan sendiri mempunyai tujuan untuk memperkirakan risiko yang akan terjadi ketika melakukan sebuah usaha. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami apa saja kesalahan dalam studi kelayakan yang bisa membuat usaha menjadi gagal.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam melakukan studi kelayakan. Simak hingga akhir agar Anda bisa menghindarinya.

Data dan Informasi yang Kurang Lengkap

Jika pengusaha tidak memperoleh data secara lengkap atau memiliki informasi yang palsu. Maka hal tersebut bisa memicu munculnya masalah dalam melakukan penilaian studi kelayakan bisnis.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengumpulkan data dan informasi sebaik mungkin melalui beragam sumber yang tersedia dan pastikan data tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

Kurang Teliti

Pelaku bisnis perlu mempunyai tim yang berkompeten dalam bidangnya. Tujuannya supaya tim tersebut bisa lebih teliti dalam menangani dokumen ketika melakukan studi kelayakan sebuah bisnis.

Salah satu faktor yang penting adalah ketelitian. Hal ini karena ketika tim penilai melakukan kecerobohan sekecil apa saja, maka dampaknya terhadap hasil studi kelayakan akan sangat fatal.

Perhitungan yang Tidak Tepat

Perhitungan yang salah bisa memicu kegagalan pada studi kelayakan bisnis. Hal tersebut akan mempengaruhi keputusan sehingga hasilnya bisa merugikan bisnis. Misalnya, penggunaan rumus yang tidak tepat sehingga hasil yang keluar menjadi kurang akurat.

Maka dari itu, pelaku bisnis perlu menyediakan tenaga yang memang berkompeten di bidang terkait. Apalagi jika Anda masih pertama kali terjun ke dalam dunia bisnis.

Pelaksanaan Tidak Sesuai Prosedur

Setelah perencanaan matang di meja rapat, pelaksanaan studi kelayakan di lapangan juga menjadi faktor penentu yang penting. Fakta di lapangan akan menampilkan keadaan secara real dari peluang dan ancaman dari sebuah bisnis.

Apabila dalam pelaksanaannya pelaku bisnis kurang teliti, maka sangat mungkin bisnis akan berjalan dengan tidak optimal di kemudian hari.

Keadaan Lingkungan

Jika faktor lingkungan eksternal maupun internal tidak mampu terkendali secara penuh, maka hasil kelayakan bisnis akan terpengaruh karena Anda kesulitan dalam memprediksi risiko yang terjadi.

Perubahan lingkungan ini akan berdampak besar pada bisnis yang akan berjalan. Dalam hal ini, lingkungan eksternal yang cukup kuat berpengaruh seperti perubahan politik, hukum, sosial, ekenomi, perilaku masyarakat, dan bencana alam.

Adanya Kesengajaan

Faktor kesengajaan adalah faktor paling fatal dalam studi kelayakan bisnis. Dalam hal ini, peneliti memang sengaja membuat kesalahan sehingga data tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Ini menjadi perbuatan kurang baik dari pelaksanaan di lapangan sehingga kegagalan usaha semakin besar.

Dengan begitu, pengusaha seperti Anda perlu memperhatikan beberapa kesalahan studi kelayakan bisnis di atas. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan studi kelayakan bisnis dengan sempurna, Anda bisa langsung menghubungi Grapadi Konsultan.

Grapadi Konsultan siap memberikan pelayanan secara detail dan mencakup semua aspek penting dalam studi kelayakan bisnis. Tenang saja, harga yang Grapadi tawarkan sangat kompetitif dengan hasil efektif untuk membantu pertumbuhan usaha Anda.

Dengan memanfaatkan semua parameter penting dan menyeluruh secara objektif, Grapadi Konsultan mengutamakan hasil sesuai dengan kebutuhan bisnis agar terhindar dari kesalahan di kemudian hari.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jasa studi kelayakan yang satu ini, silahkan kunjungi grapadikonsultan.co.id. Selamat berbisnis!

Belum ada Komentar untuk "Berikut Sederet Kesalahan dalam Menyusun Studi Kelayakan Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel