Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Si Kecil Membaca

waktu yang tepat mengajarkan anak membaca

Zona Baca - Membaca jadi salah satu aktivitas buat mengukur keahlian pembelajaran si kecil. Pandai membaca jadi salah satu tolak ukur buat si kecil siap masuk ke bangku sekolah. Tetapi, kapan ya sesungguhnya waktu yang pas buat mengarahkan si kecil Membaca?

Umumnya Ayah serta bunda sudah menyesuaikan si kecil buat memahami huruf semenjak dia baru lahir. Ini dicoba dengan mengenalkan buku yang penuh warna serta membacakan dongeng. 

Tetapi, perihal ini tidak seluruhnya mengarahkan si kecil belajar membaca loh! Tetapi, metode ini dapat jadi dini yang baik untuk si kecil buat memahami kosakata yang kerap dia dengarkan.

Berikut rangkuman dari Artikel Parenting mengenai tahapan membaca si kecil dan juga metode mengajari anak membaca dengan menyenangkan. Yuk simak penjelasannya!

Tahapan si kecil Membaca Cocok Umurnya

Usia 4-5 tahun: Pengenalan Bawah Membaca

Pada umur ini, anak biasanya masuk sekolah serta umumnya mulai diberi pengenalan bawah membaca. Anak umumnya dilatih menduga kata dengan mengisi kata yang kosong dalam kalimat, mengubah huruf dalam nyanyian serta membaca kata simpel.

Usia 6-10 tahun: Belajar Membaca Buku

Di usia 6 tahun ke atas, anak telah mulai membaca buku teks simpel. Mulai menggemari bermacam tipe teks dan dongeng. Pada usia 8 tahun, umumnya telah mudah membaca serta dapat menduga makna kata yang belum diketahui tadinya.

Usia 11-13 tahun: Belajar Menguasai Bacaan

Pada umur ini, anak telah mulai mempunyai ketertarikan tertentu terhadap sesuatu bidang serta menguasai modul teks yang mereka baca. Biasanya mulai menggemari buku fiksi, majalah serta teks yang lebih panjang.

Membaca yang Menyenangkan

Banyak loh metode seru yang bisa Ayah serta bunda jalani buat mengajari si kecil belajar membaca, menulis serta berhitung loh! Paling utama untuk early reader ataupun anak yang baru belajar membaca. Ayo, ikuti panduan berikut:

Belajar sembari bermain

Si kecil dengan umur bayi, belum mempunyai skill kognitif yang baik sehingga belum bisa menerima data secara baik. Nah, jangan marah bila si kecil diam dikala Ayah serta bunda lagi mengajarkannya ya.

Buat menyiasatinya, lakukanlah belajar sembari bermain semacam bernyanyi, menggambarkan dongeng serta game seru yang lain. Belajar sembari bermain, ialah aktivitas seru yang bisa mengasah energi ingat si kecil buat belajar membaca.

Rutinitas membaca tiap hari? Mengapa tidak!

Berawal dari suatu Kerutinan baik, pastinya rutinitas ini dapat jadi salah satu upaya mengarahkan si kecil membaca.

Dengan membuat agenda membaca tiap hari, si kecil tentu dapat mudah membaca dengan lebih kilat. Jangan membuat rutinitas ini jadi kaku serta beban buat si kecil ya Ayah serta bunda, aktivitas ini dapat dicoba di luar rumah dengan mengajak si kecil membaca apa yang mereka amati serta mengefektifkan manfaat bercerita bagi anak usia dini.

Membaca sembari menulis

Tidak lengkap rasanya bila cuma belajar membaca saja, nah Ayah serta bunda dapat mengajak si kecil buat belajar memahami huruf dengan metode menuliskannya.

Selaku perlengkapan bantu, memilih buku-buku belajar membaca serta menulis yang terdapat di toko- toko buku. Supaya lebih seru, perkenankan si kecil memilah sendiri buku yang dia mau.

Belum ada Komentar untuk "Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Si Kecil Membaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel