Penyebab Oli pada Mobil Berkurang

Oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas pada mobil supaya mesin bekerja secara optimal. Terdapat banyak jenis oli yang bisa Anda pilih seperti produk oli mesin idemitsu yang berkualitas dan ramah lingkungan.

penyebab oli pada mobil berkurang

Akan tetapi, terdapat masalah terkait dengan berkurangnya jumlah oli pada mesin mobil yang perlu Anda atasi dengan segera. Apa sajakah penyebab dari berkurangnya jumlah oli mesin? Anda bisa menyimak penjelasannya melalui uraian berikut ini.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Oli Mobil Berkurang

Berikut beberapa hal yang menyebabkan berkurangnya oli mesin mulai dari terjadinya penguapan hingga penggunaan oli yang lebih encer.

Adanya kebocoran

Penyebab kurangnya oli mesin yang umum terjadi adalah adanya kebocoran. Hal ini bisa disebabkan oleh penutupan tangki oli yang kurang rapat atau adanya lubang pada bak karter oli. Kebocoran ini biasanya tidak disadari oleh pengguna sehingga oli akan berkurang secara perlahan.

Apabila kondisi tersebut tidak segera diperbaiki maka oli mesin akan habis dan kering. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan masalah baru yang berpengaruh terhadap kinerja mesin saat mobil digunakan.

Ring piston aus

Salah satu penyebab dari berkurangnya oli mesin adalah ring piston yang aus. Hal ini mengakibatkan oli mesin masuk dalam ruang pembakaran sehingga saat mobil digunakan oli mesin akan terbakar bersamaan dengan bahan bakar. 

Hal inilah yang menjadikan oli mesin ikut mengalami penguapan sehingga berkurang secara perlahan.

Terjadinya overheat pada mesin

Penyebab lain yang menjadikan oli berkurang adalah terjadinya overheat atau temperatur mesin yang terlalu panas. Hal ini dapat mengakibatkan oli mesin cepat menguap karena temperatur lingkungan yang tinggi. Dengan demikian, Anda perlu melakukan pengecekan oli mesin secara berkala.

Bahkan Anda juga perlu memastikan bahwa kondisi mesin dalam keadaan baik sehingga tidak mencapai temperatur yang terlalu tinggi dalam waktu singkat. Apabila hal ini terjadi maka komponen utama yang perlu Anda perbaiki adalah bagian mesin untuk mengoptimalkan daya kerja seluruh komponen mobil termasuk penggunaan oli mesin.

Penggunaan oli yang lebih encer

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih oli mesin adalah tingkat viskositas atau kekentalan oli. Setiap mobil tentunya memiliki ketentuan oli yang berbeda dan disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan.

Apabila Anda menggunakan jenis oli yang memiliki tingkat kekentalan lebih encer daripada oli yang disarankan. Maka hal ini akan mengakibatkan oli mudah menguap karena spesifikasi mesin yang tidak sesuai. Tentunya masalah ini akan merugikan Anda karena oli cepat habis dan biaya perawatan mobil semakin meningkat.

Demikian penjelasan mengenai beberapa hal yang menyebabkan oli mesin cepat berkurang. Anda bisa mulai melakukan pengecekan dan perawatan sejak dini sebelum masalah tersebut semakin membesar. Cek juga rekomendasi oli mobil terbaik dari kami melalui link berikut https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-mesin-mobil.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Oli pada Mobil Berkurang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel