Keputihan Adalah Keadaan yang Kerap Terjadi Pada Wanita, Normalkah?

Keputihan Adalah

Keputihan adalah cara alami bagi tubuh wanita untuk menjaga kebersihan dan kelembapan bagian kewanitaan. Selain itu, keputihan bisa melindungi vagina dari berbagai infeksi. Biasanya, keputihan tidak akan mengganggu kegiatan perempuan dan bisa mereda sendiri.

Keputihan yang sering terjadi pada wanita ini biasanya tidak membutuhkan penanganan khusus karena tidak membahayakan kesehatan.

Akan tetapi, jika kamu mengalami keputihan yang tersertai dengan keluhan lain, maka kamu perlu mewaspadainya karena mungkin inilah tanda keputihan abnormal. Keputihan juga bisa terjadi karena adanya infeksi atau penyakit tertentu.

Keadaaan ini akan memunculkan beberapa gejala yang berbeda dari keputihan normal biasanya. Apakah kamu sudah tahu bagaimana ciri keputihan normal dan abnormal? Jika belum, temukan jawabannya lebih jelasnya dengan menyimak ulasan berikut ini, ya!

Keputihan Normal

Keputihan yang normal mempunyai beberapa ciri dan karakteristik seperti berwarna bening atau sedikit kuning yang terlihat seperti putih telur mentah. Kemudian, cairannya bertekstur encer atau sedikit kental dan lengket.

Selain itu, cairan keputihannya tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa nyeri atau gatal. Keputihan ini memang paling sering wanita alami. Hanya warna, jumlah, dan konsistensinya yang berbeda-beda di masing-masing individu.

Tentunya, perbedaan ini karena terpengaruh dengan stres, aktivitas, siklus mentruasi, menyususi, dan ovulasi. 

Keputihan Abnormal

Keputihan yang abnormal biasanya bisa mengganggu kegiatan wanita karena munculnya gejala tertentu. Ciri-ciri dari keputihan tidak normal yang perlu kamu perhatikan adalah berbau tidak sedap dan menyengat.

Selain itu, jumlah bisa meningkat tiba-tiba dan berwarna kuning dengan tekstur menggumpal. Tidak hanya itu, munculnya darah dan rasa nyeri setiap berhubungan seks atau di luar waktu haid dan terdapat ruam atau gatal pada vagina. Kemudian, rasa nyeri dan perih ketika sedang buang air kecil.

Sebelumnya sudah terinformasikan bahwa keputihan yang tidak normal menjadi tanda dari adanya suatu penyakit.

Nah, beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan keputihan abnormal adalah infeksi bakteri pada bagian vagina, penyakit menular seksual, raddang panggung, kanker serviks.

Dalam hal ini, kamu bisa memberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Misalnya, apabila keputihan yang tersebut terjaddi karena infeksi jamur, maka kamu perlu mengonsumsi obat antijamur dari dokter untuk mengatasinya. 

Cara Menghindari Keputihan Abnormal

Lalu, bagaimana caranya agar terhindari dari keputihan abnormal tersebut? Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan risiko keputihan tidak normal ini.

Hal pertama adalah membersihkan bagian kewanitaan dengan air hangat dan sabun yang berbahan lembut. Kemudian, keringkan vagina dengan mengusapnya menuju arah anus guna menghindari bakteri dari anus masuk ke vagina.

Selanjutnya, jangan menggunakan celana yang ketat maupun produk pembersih vagina dengan kandungan pewangi. Produk tersebut bisa membasmi bakteri baik di vagina sehingga fungsinya melindungi vagina dari infeksi akan hilang.

Kemudian, sebaiknya kamu tidak berendam atau mandi dengan air panas dengan durasi yang terlalu lama dan frekuensi terlalu sering. Segera mengganti pakaian yang basah ketika setelah berenang atau sedang berkeringat.

Jika kamu sedang masa menstruasi, jangan lupa untuk secara berkala mengganti pembalut dengan yang baru selama menstruasi, ya!

Yuk, jaga kesehatan area kewanitaan dengan memperbanyak pengetahuan mengenai mentruasi dan seputar wanita dengan mengunjungi CHARM GIRL`S TALK. Di sana kamu akan banyak menemukan informasi yang bermanfaat bagi kesehatan wanita dengan cara yang FUN.

Jika kamu sudah penasaran dengan berbagai informasi menariknya, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya di www.charmgirlstalk.com. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Keputihan Adalah Keadaan yang Kerap Terjadi Pada Wanita, Normalkah? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel