Kenali Penyakit Alzheimer Sejak Dini

kenali penyakit alzheimer sejak dini

Alzheimer sering kali dianggap sebagai penyakit yang diderita oleh lansia. Namun nyatanya, alzheimer sekarang dapat diderita oleh seluruh usia. Untuk menghindari penyakit ini, yuk kita mengenal gejala alzheimer lebih lanjut!

Penyakit alzheimer atau biasa orang sebut pikun merupakan jenis penyakit yang perlahan menyerang dan diawali dengan terganggunya kemampuan berpikir, berkurangnya daya ingat, dan perubahan perilaku dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Gejala yang dialami penderita alzheimer cukup lambat, namun lama kelamaan dapat merusak jaringan otak. Bahkan ada penderita alzheimer yang meninggal karena dipicu oleh komplikasi.

Penyebab Alzheimer

Resiko mengalami penyakit alzheimer dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Berikut beberapa penyebab dari alzheimer:

  • Faktor keturunan
  • Perempuan
  • Pernah mengalami trauma kepala
  • Kelebihan berat badan
  • Usia di atas 60 tahun
  • Down syndrome
  • Dyslipidemia
  • Perokok
  • Pengidap diabetes militius tipe 2

Meskipun penyakit alzheimer belum diketahui pasti penyebabnya, para ahli sepakat bahwa alzheimer disebabkan oleh terganggunya sel di otak, sehingga muncul ketidakmampuan untuk melakukan pekerjaanya.

Alzheimer juga memicu komplikasi diantaranya, depresi, sulitnya berkomunikasi, gangguan pola tidur, menarik diri dari lingkungan sosial, dan perubahan perilaku.

Gejala Alzheimer

Di bawah ini ada beberapa gejala umum penyakit alzheimer:

Sering Kencing

Penderita alzheimer biasanya akan mengalami gangguan sering kencing. Penyebab sering kencing dikarenakan penderita alzheimer mengalami gangguan pada saluran kemih. 

Otot pada saluran kemih akan melemah, selain itu sering kencing pada penderita juga dapat disebabkan karena terganggunya syaraf pada otak.

Pikun

Mudah lupa atau pikun adalah gejala umum penderita alzheimer. Penderita akan sulit dalam mengingat hal-hal yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Seiring waktu, keaadan tersebut akan semakin parah sampai membuat penderita tidak dapat berkegiatan dengan baik.

Sulit Konsetrasi

Sulitnya konsentrasi pada penderita penyakit alzheimer khususnya pada sesuatu yang berkaitan dengan konsep abstrak contohnya angka. Sehingga penderita sulit untuk mengelola keuangan dan susah mengenali angka.

Perubahan Sikap

Gejala perubahan sikap yang dialami oleh penderita alzheimer antara lain, menjauh dari lingkungan sosial, apatis terhadap sekitar, mudah tersinggung, dan mengalami delusi.

Dari penjelasan di atas, penyakit alzheimer adalah penyakit yang harus diwaspadai sejak dini. Tidak hanya berdampak buruk terhadap tubuh penderita, penyakit tersebut juga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jika penderita mengalami gejala sering kencing, dianjurkan sekali penderita mengenakan popok untuk menunjang aktivitasnya. Gunakan popok dewasa merek confidence yang sudah terbukti kualitasnya. Popok dewasa yang nyaman dipakai dan mempunyai daya serap yang tinggi, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan anda.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman tanyaconfidence.com. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Kenali Penyakit Alzheimer Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel