Inilah Manfaat Kerja Bakti di Lingkungan Sekitar Rumah

manfaat kerja bakti di lingkungan sekitar

Kerja bakti adalah kegiatan yang dilakukan secara sukarela, tanpa mengharapkan imbalan uang dan hasilnya bisa bermanfaat atau dirasakan diri sendiri serta masyarakat sekitar. Paling sering kita menemui kerja bakti di lingkungan rumah, baik RT maupun RW.

Biasanya, kegiatan kerja bakti dilakukan berdasarkan kerja sama antar warga untuk mencapai kenyamanan desa. Caranya dengan membersihkan lingkungan atau membangun fasilitas umum, seperti menaruh tempat sampah 3 warna di beberapa tempat atau pos kamling untuk keamanan bersama.

Tujuan paling penting dari adanya kerja bakti ini ialah menciptakan kerukunan, kebersamaan dan gotong royong antar warga. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan ketika melakukan kerja bakti di lingkungan sekitar tempat tinggal. Yuk langsung disimak!

Reboisasi (Penghijauan Lahan)

Reboisasi tidak hanya dilakukan di hutan saja. Agar lingkungan sekitar nampak lebih asri, kita bisa melakukan penghijauan lahan. Bagi yang tinggal dekat area hutan, reboisasi bermanfaar untuk mengembalikan lahan yang gundul.

Sebab, hutan gundul rawan terjadi longsor dan banjir, sehingga bisa merugikan masyarakat sekitar. Untuk mencegah kemungkinan tersebut, maka kita perlu melakukan reboisasi.

Kebersihan Lingkungan Jadi Terjaga

Turut serta dalam kerja bakti membersihkan lingkungan, itu berarti kita juga turut andil dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Lingkungan yang bersih dan sehat membuat kita lebih nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit. Sebisa mungkin, ajarkan juga kepada anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya agar tidak mengotori lingkungan.

Memilah Sampah Berdasarkan Jenisnya

Ada lagi manfaat kerja bakti, yaitu kita bisa belajar untuk memilah sampah organik maupun anorganik. Kita harus memilah sampah berdasarkan jenis agar mudah untuk mendaur ulang sampah.

Sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai seperti sayur, buah dan sampah rumah tangga lainnya. Sedangkan sampah anorganik, adalah sampah yang sulit terurai. Sampah inilah yang biasanya didaur ulang agar bisa dipakai lagi atau dibuat menjadi sebuah barang baru.

Itulah beberapa manfaat kerja bakti di lingkungan sekitar rumah yang bisa kita rasakan dalam jangka waktu lama. Agar lebih mudah saat memilah sampah, gunakan tong sampah 3 warna yang kita tahu menunjukkan sampah jenis apa yang harus dibuang di tempat sampah tersebut.

Kita bisa membelinya produsen tempat sampah terbesar di Indonesia, CV Mandiri Baru. Pemesanannya bisa by request. Mau model tempat sampah tiang tanam, request warna, custom design logo semua akan dilayani. Gratis pasang sticker juga, lho!

Langsung saja hubungi WA di nomor 0878-74843242 atau 0812-8495-4475 untuk konsultasi dan pemesanan. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Inilah Manfaat Kerja Bakti di Lingkungan Sekitar Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel