Tips Mencegah Sariawan Agar Tidak Muncul Lagi

kebiasaan yang dapat mencegah sariawan

Ketika sedang sariawan tentu saja Anda akan merasa nyeri di bagian mulut dan hal ini bukan hanya terasa sakit tapi juga bisa sampai mengganggu aktivitas. Terlebih penyakit sariawan juga umumnya tidak mudah sembuh dalam satu atau dua hari saja. Setelah mengobati sariawan tentu saja Anda tidak ingin penyakit ini kambuh kembali. 

Maka dari itu Anda wajib melakukan berbagai kebiasaan yang dapat mencegah sariawan muncul lagi. Adapun banyak hal yang bisa menyebabkan sariawan salah satunya adalah kekurangan vitamin atau terkena infeksi virus. Mencegah penyakit ini datang kembali, maka Anda harus melakukan beberapa kebiasaan baik. 

Cara Mencegah Sariawan Datang Kembali 

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa anda lakukan untuk mencegah sariawan datang dan kambuh kembali. 

Rutin Makan Buah dan Sayur 

Kebaikan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Umumnya sariawan bisa disebabkan karena kekurangan zat besi, tampolan sampai vitamin B12. 

Untuk itu Anda bisa konsumsi berbagai sayuran dan buah seperti jeruk, tomat, sayuran berdaun hijau dan sayuran yang kaya vitamin serta air kelapa. 

Tidak Makan Makanan Pedas 

Hal kedua yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makan makanan pedas. Orang Indonesia pasti suka makan makanan pedas karena membuat ketagihan dan bisa meningkatkan. Di balik makanan pedas tersebut tersimpan penyebab yang bisa membuat gangguan pencernaan, sakit tenggorokan. 

Makanan pedas Anda juga wajib mengurangi konsumsi makanan asam yang bisa membuat mulut jadi iritasi. 

Hindari Makanan Terlalu Panas 

Selain mengurangi konsumsi makanan yang asam dan pedas Anda juga harus kurangi makanan atau minuman yang terlalu panas. Karena makanan yang terlalu panas ketika dikonsumsi bisa membuat lidah dan mulut melepuh jadi bisa memicu munculnya sariawan. 

Sebaiknya ketika akan makan makanan yang panas didiamkan terlebih dahulu atau tiup dahulu sampai dingin baru kemudian dimakan. 

Jaga Kebersihan Mulut 

Kebiasaan baik yang harus dilakukan untuk menghindari sariawan adalah dengan menjaga kebersihan pastikan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari atau gunakan mouthwash agar menghilangkan bakteri yang bersarang di mulut. 

Selain itu bisa juga pilih sikat gigi yang tepat dengan bulu halus yang sesuai kontur mulut, agar tidak melukai gusi dan lidah.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang dapat mencegah sariawan yang wajib dilakukan. Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga wajib dengan mengunjungi klinik dental untuk pemeriksaan secara rutin. Opal Dental jadi pilihan klinik dental terbaik dengan standar internasional dengan dan tim dokter profesional.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Sariawan Agar Tidak Muncul Lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel