Jenis Crowdfunding dan Manfaatnya untuk Ekonomi Indonesia

Zona Baca - Crowdfunding adalah istilah umumnya, namun ada beberapa macam crowdfunding, dan setiap platform memiliki niche sendiri-sendiri. Jadi, kamu harus tahu dulu, kamu membutuhkan crowdfunding jenis apa supaya kamu tahu platform mana yang cocok untuk menggalang dana sesuai kebutuhanmu. 

1. Equity crowdfunding

Equity crowdfunding merupapakan sebuah platform yang fokusnya mengumpulkan investasi uang dengan imbalan untuk investor berupa kepemilikan saham perusahaan, proyek, atau usahamu. 

2. Reward crowdfunding

Investor akan mendukung usaha atau proyek yang kamu rencanakan dengan imbalan manfaat non-finansial, biasanya berbentuk sebuah produk atau karya. Semakin banyak seorang investor menyumbang ke sebuah proyek, semakin eksklusif hadiah yang akan mereka terima.

3. Donation crowdfunding

Jenis crowdfunding ini dirancang untuk amal dan bukan mencari profit. Jadi, kamu membutuhkan dana untuk tujuan apa? Jika dana tersebut untuk tujuan membangun bisnis, kamu bisa memilih equity crowdfunding. 

Jika kamu ingin mewujudkan suatu proyek seperti menggelar konser atau membuat suatu produk, lebih cocok dengan jenis reward crowdfunding. Sedangkan, jika kamu menggalang dana untuk kemanusiaan, atau membayar biaya pengobatan, maka gunakan donation crowdfunding. 

Di Indonesia, sudah banyak startup yang membuat platform crowdfunding. Salah satunya adalah Airfunding. Platform ini memberikanmu banyak pilihan jenis crowdfunding. Kamu bisa menggalang dana untuk bisnis, proyek impianmu, maupun donasi kemanusiaan disini.

Manfaat Crowdfunding

Selain akses kemudahan untuk memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas dan lebih besar. Crowdfunding juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat kamu rasakan seperti: 

1. Jangkauan yang Lebih Luas

Platform crowdfunding Indonesia ini mempermudah mereka untuk mencari orang-orang yang tertarik melakukan pengembangan dana di seluruh penjuru daerah, lalu dengan crowdfunding juga dapat mempermudah interaksi serta berbagi kampanye penggalangan dana satu dengan yang lain. 

2. Kesempatan untuk Melakukan Pengenalan Bisnis

Crowdfunding memungkinan kamu untuk mengenalkan bisnis atau kampanye penggalangan dana yang dilakukan dengan memberikan informasi yang menonjolkan bisnis yang sedang dibangun. Seperti contohnya, daya tarik, penawaran, pasar yang dituju hingga nilai perusahaan tersebut. 

Hal tersebut agar para calon pemberi dana ini mengetahui lebih dalam mengenai usaha maupun bisnis tersebut serta langkah perkembangannya. 

3. Melakukan Pemasaran

Kamu dapat mulai melakukan pemasaran dari penggalangan dana tersebut melalui berbagai macam channel seperti media sosial, email hingga strategi pemasaran lainnya. Hal ini berguna agar penggalangan yang kamu lakukan melalui platform crowdfunding tersebut dapat penuh dengan waktu lebih cepat. 

4. Validasi Konsep

Melakukan pengenalan konsep dari usaha ataupun bisnis kamu seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas adalah hal terbaik yang perlu dilakukan. Karena itu agar calon pemberi dana tertarik menanamkan modalnya untuk bisnismu, kamu dapat melakukan pendekatan yang lebih matang untuk meyakini mereka untuk mengembangkan bisnis yang dijalani. 

Karena itu crowdfunding memang memiliki banyak manfaat selain untuk pengembangan usaha bagi yang membutuhkan dana, crowdfunding juga adalah solusi untuk mereka yang ingin mengembangkan dananya melalui bantuan yang diberikan kepada usaha maupun bisnis yang membutuhkan dana tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Crowdfunding dan Manfaatnya untuk Ekonomi Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel