Selain Enak, Ini 7 Manfaat Jambu Biji Merah yang Bisa Kamu Rasakan

Zona Baca - Nama jambu biji merah mungkin tidak sepopuler buah “super” lainnya. Tapi jangan salah, buah yang dikenal karena manfaatnya untuk mencegah terjadinya demam berdarah ini ternyata memiliki kandungan yang tidak kalah banyaknya dengan buah-buahan lainnya, lho. Dari segi kandungannya sendiri, buah jambu biji merah mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan antioksidan. 

Meskipun tidak begitu banyak, kandungan nutrisi lain seperti serat, zat besi, protein, magnesium, dan folat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah yang satu ini. Dengan kandungannya yang terbilang melimpah, kira-kira apa saja manfaat buah dengan rasa segar ini? Selain enak, berikut ini adalah 15 manfaat jambu biji merah yang bisa kamu rasakan.

Ini kandungan nutrisi buah jambu biji merah 

  • Energi 49 kal 
  • Protein 0,9 g 
  • Lemak (0,3) g 
  • Karbohidrat 12,2 g 
  • Serat 5,6 g 
  • Kalsium 14 mg 
  • Fosfor 28 mg 
  • Zat Besi 1,1 mg 
  • Vitamin A 25 IU 
  • Vitamin B1 0,02 mg 
  • Vitamin C 87 mg 
  • Air 86 g 

Manfaat Jambu Biji Merah 

1. Mencegah demam berdarah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat jambu biji merah yang cukup populer yaitu dapat mencegah terjadinya demam berdarah. Tak hanya buahnya saja, ekstrak daun jambu biji pun memiliki peran yang sama, yaitu dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Bagi penderita demam berdarah, mengonsumsi buah ini mampu meningkatkan jumlah trombosit. 

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Salah satu kandungan yang dimiliki jambu merah yaitu vitamin A. Kandungan nutrisi yang satu ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Apalagi, antioksidan miliknya juga membantu kulit kamu terlihat segar kembali. Bahkan, hal itu bisa menetralkan radikal bebas dan menekan terjadinya penuaan dini. 

3. Menyehatkan mata

Tak hanya wortel, ternyata jambu biji merah juga memiliki manfaat yang sama. Kandungan vitamin A dalam jambu biji juga bermanfaat mencegah terjadinya infeksi mata dan penyakit mata. Tak heran, buah ini kerap dijadikan alternatif lain sebagai sumber vitamin A. 

4. Mencegah terjadinya diabetes

Konsumsi gula berlebih dan pola hidup yang tidak sehat, tentunya menjadi salah satu penyebab munculnya diabetes. Kandungan seratnya yang cukup tinggi, ternyata bermanfaat dalam menekan terjadinya masalah diabetes. Secara medis, jambu biji merah ini memang sudah terbukti menekan lonjakan gula. 

5. Baik untuk ibu hamil

Tidak hanya baik untuk kesehatan, jambu biji merah juga menjadi salah satu sumber asupan baik untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi yang cukup banyak pada buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatannya dan kesehatan janin. 

6. Mengurangi risiko kram otot

Selain sumber nutrisi bagi ibu hamil, jambu biji merah juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kram otot karena kandungan zat besi miliknya. Seperti yang kamu ketahui, ibu hamil rentan dengan masalah sendi dan otot, khususnya di area tulang belakang. Hal tersebut tidak lain karena janin memberi beban sehingga tekanan di perut mempengaruhi tulang belakang sebagai penopangnya. 

7. Mendukung perkembangan otak janin

Tidak hanya zat besi, jambu biji merah juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk perkembangan janin pada ibu hamil. Asam folat sendiri berfungsi untuk produksi sel darah merah dalam tubuh sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tubuh belakang bagi janin yang dikandungnya. 

Siapa sangka, buah jambu biji merah ternyata tidak hanya kaya akan kandungan yang baik untuk kesehatan, tapi juga sebagai sumber asupan baik untuk ibu hamil. Nah, itulah 7 manfaat jambu biji merah yang bisa kamu dapatkan. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa membelinya secara online di TaniHub. Yuk, cek produknya sekarang juga.

Belum ada Komentar untuk "Selain Enak, Ini 7 Manfaat Jambu Biji Merah yang Bisa Kamu Rasakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel