Cari Tahu Penyebab Gagalnya Sebagai Franchisee

penyebab kegagalan sebagai franchisee

Kini banyak Jasa pembuatan studi kelayakan yang bermunculan di tanah air. Hal ini karena banyak pengusaha yang khawatir dengan bisnisnya. Setiap bisnis pasti memiliki risiko untuk gagal, termasuk bisnis dengan metode waralaba atau franchise.

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya Anda mempelajari lebih lanjut mengenai sistem yang ada di dalamnya. Bisnis franchise merupakan ikatan bisnis yang mana ada pihak memberikan kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan maupun pemanfaatan produknya kepada pihak lainnya.

Pemberi waralaba bernama franshicor dan penerimanya adalah franchisee. Kedua pihak berbagai merk yang sama. Franchisee menjual produk sesuai dengan ketentuan dari franchisor, sedangkan franchisor terus mengembangkan bisnisnya.

Ketika akan memuali sebuah bisnis yang ramah untuk pemula, bukan berarti Anda tidak akan gagal. Anda perlu belajar dari pengalaman pengusaha sebelumnya agar tidak mengulangi kesalahan yang serupa.

Sama dengan franchisor, seorang franchisee memiliki risiko gagal lho. Nah, berikut ini beberapa penyebab kegalalan tersebut. Simak sampai akhir, ya!

Memilih Binsis dengan Fee atau Royalti Tinggi

Bisnis franchise pastinya juga meminta fee atau royalti sebagai modal awal seseorang menjalankan bisnis tersebut. Apabila investasi awal atau modal terlalu mahal, maka tentunya akan berdampak pada pengembalian modal nantinya.

Bahkan, banyak bisnis waralaba yang terkadang masih meminta biaya tambahan tertentu, lho. Misalnya, Burger King yang meminta biaya tambahan sebesar 4,5% apabila biaya waralabanya sudah mencapai 450 juta rupiah.

Selain itu, modal membeli waralaba untuk perusahaan McDonald`s senilai 5 miliar rupiah. Tentunya harga ini tidak termasuk biaya operasional bisnis seperti uang makan, pajak, atau gaji karyawan.

Memilih Bisnis dengan Perjanjian Bahan Baku Mahal

Ada beberapa bisnis franchise yang memegang teguh konsep yang menyatakan konsistensi dalam kualitas produk bagi konsumen dengan tidak memperhatikan dari mana mereka membelinya.

Dalam hal ini, mereka menilai bahwa siapa pemilik bisnis dan siapa yang mengelolanya tidak akan menjadi hal penting bagi konsumen. Customer experience berasal dari produk dan jasa yang bisnis tersebut berikan.

Demi menjaga pengalaman konsumen, banyak franshicor yang mengikat para franchisee agar membeli bahan baku hanya dari pemberi franchise yang mungkin harganya lebih tinggi dari harga pasaran.

Sebenarnya, apabila tujuannya hanya karena ingin menjaga kepuasan konsumen. Tentunya, hal ini masih bisa franchisee terima selama harganya masih terjangkau.

Kurangnya Pembiayaan yang Baik

Tidak jauh berbeda dengan bisnis biasanya. Anda juga harus mempersiapkan peralatan, lokasi, dan kebutuhan lainnya untuk menjalankan bisnis franchise ini. Dalam bisnis waralaba, Anda perlu membayar franchise fee.

Selain itu, ada royalty and advertising fee untuk menggantikan biaya prosedur, pelatihan, dan pemasaran dari penyedia waralaba. Dengan begitu, Anda akan membutuhan lebih banyak dana untuk memulai bisnis franchise ini. Jadi, perlu Anda pikirkan sumber pendaan untuk memulai maupun menjalankannya.

Banyaknya Kompetitor Dalam Satu Lokasi

Franchisor pasti menerima banyak untuk ketika semakin banyak franchise yang membeli bisnis waralabanya. Namun, hal ini kadang sampai lepas kontrol. Oleh karena itu, tidak jarang sesama franchisee dengan produk yang sama berada dalam lokasi yang tidak terpaut jauh.

Lokasi yang terlalu dekat ini bisa menyebabkan penurunan penjualan seorang franchisee. Hal ini karena konsumen akan memiliki lokasi paling dekat dengannya apabila produk mempunyai kualitas yang sama di setiap area.

Dengan begitu, penting bagi Anda untuk memperhatikan apakah sudah banyak bisnis franchise yang sama di area bisnis Anda.

Nah, untuk membantu Anda melakukan perencaan bisnis yang baik. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan bisnis. Tenang saja, ada Grapadi Konsultan yang siap memberikan pelayanan detail terhadap semua aspek bisnis Anda.

Dengan pengalaman internasional, Grapadi Konsultan akan membantu Anda meminimalisir risiko kegagalan bisnis franchise. Penasaran dengan penyedia Jasa studi kelayakan yang satu ini? Cek informasinya hanya di grapadikonsultan.co.id. Selamat berbisnis!

Belum ada Komentar untuk "Cari Tahu Penyebab Gagalnya Sebagai Franchisee"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel