Hewan Dalam Bahasa Inggris yang Dijadikan Idiom

Hewan dalam Bahasa Inggris ternyata bisa juga dijadikan sebuah idiom. Sebuah idiom didefinisikan sebagai sekelompok kata yang memiliki arti tersirat di balik penggunaan kata-kata tersebut. 

Banyak idiom dari hewan yang biasa digunakan seperti lebah, anjing, lalat dan sebagainya. Penasaran dengan beberapa hewan yang dijadikan idiom dan apa artinya? 

Idiom Hewan dalam Bahasa Inggris 

An Early Bird

Pertama, ada idiom “An early birld” yang artinya adalah burung awal. “An early bird” adalah bentuk singkat dari pepatah asli yang artinya adalah burung awal menangkap cacing. Idiom satu ini adalah pepatah Inggris yang sangat menarik tetapi cukup kuno. 

Idiom ini ditemukan dalam kumpulan peribahasa yang diterbitkan pada tahun 1636 berjudul “Remaines Concerning Britaine” oleh William Camden. Arti dari idiom satu ini adalah seseorang yang bangun awal atau bisa juga seseorang yang datang lebih awal sebelum orang lain. 

Contoh penggunaan idiom ini adalah: 

  • Tiara is always an early bird in class 
  • The office announced early bird registration 

A busy bee

Idiom kedua yang biasa digunakan adalah “A busy bee” yang artinya adalah sangat sibuk atau seseorang yang sudah bekerja keras. Lebah adalah makhluk yang sangat pekerja keras dan selalu terlihat berdengung. 

Lebah mengumpulkan serbuk sari dan nektar untuk menyerbuki tanaman dan bunga. Dengan kerja keras lebah ini, maka hewan inipun diumpamakan dengan manusia yang rajin. Ungkapan idiom ini berasal dari tahun 1300-an. Contoh: 

  • Dita trying to complete her assignment and she as busy as a bee. 
  • My son is as busy as a bee with the assignment in collage 

Raining Cats And Dogs

Terakhir, ada penggunaan idiom dua hewan sekaligus yaitu cat and dog. Frasa ini menonjol di hampir setiap dialek utama bahasa Inggri, dari akar Inggris hingga Amerika Serikat dan Kanada, bahkan bahasa Inggris India multibahasa dan campuran Singlish dari Singapura juga kerap menggunakan idiom ini. 

Idiom raining cats and dogs sendiri menggambarkan hujan sangat lebat. Contoh: 

  • It rains cats and dogs when My Mom comes in Jakarta 
  • How will you go to office, now? It’s raining cats and dogs. 

Masihkah ada yang Anda bingungkan dengan penggunaan nama hewan dalam bahasa Inggris sebagai idiom? Jika masih ada yang dibingungkan, yuk join kelas bahasa Inggris murah di EF English Center!

Belum ada Komentar untuk "Hewan Dalam Bahasa Inggris yang Dijadikan Idiom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel